Senin, 19 Februari 2018

Warung Mbo Yem

Setelah kalian baca postingan "fakta unik gunung lawu". aku akan memposting fakta unik dari warung mbo yem.


Mbok Yem ini bernama asli Wakiyem. Dia sudah tinggal menetap di Gunung Lawu sejak tahun 1980-an. Bukan di lereng atau kaki gunung, namun ibu empat anak ini tinggal di sebuah pondok yang terletak beberapa meter dari Puncak Hargo Dumilah, puncak tertinggi di Gunung Lawu.

Gunung Lawu sendiri punya ketinggian 3265 Mdpl, kebayang sih ya dinginnya kaya apa. Dan di atas sanalah, seorang wanita tua yang tak lagi dapat mengingat usianya sendiri menjadi bagian dari legenda Puncak Gunung Lawu. Sudah lebih dari 25 tahun, wanita dengan postur gemuk ini menetap disana. Yang awalnya bersama sang suami dan anak-anaknya, hingga kini suaminya sudah meninggal dunia.

  • Tak hanya tinggal menetap saja, namun Mbok Yem juga berjualan makanan dan minuman demi memanjakan kaum pendaki. Kamu yang akan mendaki Lawu tak perlu kebingungan membawa makanan lagi

Dilansir dari tribunnews.com, Mbok Yem sudah menjual pecel dan aneka gorengan sejak tahun 80-an tadi. Hingga kini kondisinya sudah tidak fit lagi, Mbok Yem masih bertahan mengais rizki. Sebenarnya juga merupakan hal wajar bila fisik Mbok Yem sering drop. Pasalnya, Gunung Lawu memang dikenal memiliki cuaca ekstrem. Akhir Agustus hingga saat ini, di sana sedang berkecamuk angin kencang. Bahkan, saat malam hari, suhu bisa mencapai minus 5 derajat.

  • Percaya nggak percaya, dalam setahun si Mbok Yem ini hanya turun gunung sebanyak tiga kali. Kalau setahun kamu bisa tiga kali ke Lawu, berarti ya sama aja

Mbok Yem bakal turun saat Idul Fitri dan ada keluarga yang sedang punya hajat atau hari-hari besar. Dia bilang, kalau turun gunung pun paling lama hanya sekitar sepuluh hari. Untuk pasokan air bersih, Mbok Yem mendapatkannya dari mata air Sendang Drajat yang terletak di basecamp pos 5. Dari pondok Mbok Yem  menuju ke mata air itu bisa ditempuh jalan kaki sekitar sepuluh menit.

  • Konon katanya, warung Mbok Yem ini merupakan warung tertinggi di Indonesia. Memang sih, kadang ada warung juga di gunung-gunung lainnya, tapi kebanyakan bersifat musiman saja


Sebutlah Rinjani, Arjuno, Welirang, Semeru, Penanggungan, dan Merbabu. Kalau kamu pernah ke sana, mungkin kamu juga pernah mendapati para pedagang makanan atau minuman. Tapi yang perlu kamu tahu, warung-warung itu sifatnya hanya musiman, alias tidak permanen dan ditinggali selamanya seperti yang dilakukan Mbok Yem. Para pedagang di gunung-gunung lainnya hanya berjualan di momen-momen tertentu ramainya gunung atau saat akhir pekan saja.

  • Walau selalu ramai dikunjungi ratusan pendaki, yang mengherankan ialah warung Mbok Yem tak pernah kehabisan stok bahan makanan. Menu andalan berupa nasi pecel dan telur ceplok selalu siap dihidangkan

Mbok Yem juga selalu sedia aneka wedang dan softdrink. Dilansir dari tribunnews.com, Mbok Yem menyatakan bahwa selalu ada orang yang mengirim bahan makanan ke warungnya, tiga kali dalam seminggu. Jangan salah juga, nasi pecel bukan menu satu-satunya di warung tersebut. Sebab, di momen-momen tertentu, Mbok Yem akan memasak hidangan lainnya. Seperti soto saat bulan Suro misalnya. Untuk nasi pecel legendaris sendiri cukup merogoh kocek senilai Rp 10 ribu aja.

Fakta unik dari GunungLlawu

1. Gunung Lawu, salah satu gunung paling mistis di Indonesia
Banyak sekali kisah misteri dan hal-hal mistis yang ada di Gunung Lawu, misalnya saja sering sekali terjadi penampakan aneh  yang kerap dialami oleh para pendaki Gunung Lawu. Tidak hanya para pendaki, hal serupa pun dirasakan juga oleh para penduduk di kawasan kaki gunung lawu ini.

2. Gunung Lawu merupakan tempat peristirahatan terakhir Raja Majapahit

Majapahit adalah sebuah kerajaan Jawa-Hindu terbesar di Pulau Jawa yang dipimpin oleh Prabu Brawijaya. Saat itu Kerajaan Majapahit runtuh karena semakin besarnya perkembangan islam di Pulau Jawa, khususnya Kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Fatah. Singkat cerita, pertempuran antar dua kerjaaan ini yang dimenangkan oleh Kerajaan Demak, yang membuat Prabu Brawijaya akhirnya mengasingkan diri ke Gunung Lawu yang sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya.

3. Kyai Jalak Lawu

Di yakini bahwa Kyai Jalak adalah penunggu gunung lawu yang menjelma menjadi seekor Burung Jalak. Para pendaki meyakini bahwa, ketika  bertemu dengan burung jalak maka akan diberikan petunjuk arah untuk membantu para pendaki yang datang dengan hati bersih.

4. Gunung Lawu sebagai tempat petilasan

Konon gunung lawu terkenal sebagai pusat kegiatan spiritual di Tanah Jawa. Selain terkenal sebagai tempat wisata pendakian gunung, Gunung Lawu ini juga menjadi tempat wisata pringgodani atau sering disebut petilasan Eyang Konconegoro.

5. Warung Mbok Yem, satu-satunya warung di puncak gunung

Pernah gak kepikiran ada warung di puncak gunung? Warung Mbok Yem satu-satunya warung yang berada di puncak gunung lawu. Di warung sederhana ini para pendaki bisa menikmati menu andalan Mbok Yem yaitu, nasi soto dan sego pecel. Meskipun berada di dalam kawasan wisata dan berada di puncak gunung yang tinggi, harga makanan serta minuman masih bersahabat di kantong para pendaki. Selain bisa menikmati makan dan minum diatas gunung, para pendaki juga dapat beristirahat di dalam warung yang cukup besar.

6. Gunung Lawu memiliki tiga puncak

Gunung yang memiliki ketinggian 3.265 meter diatas permukaan laut (mdpl) memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumila, dan yang terakhir adalah puncak tertinggi.
Masing-masing puncak diyakini memiliki misteri masing-masing dan menjadi tempat yang dimitoskan. Hargo Dalem diyakini sebagai tempat pamoksan Prabu Brawihaya Pamungkas, Hargo Dumilang juga diyakini sebagai tempat pamoksan Ki Sabdopalon dan puncak terakhir Hargo Dumilah merupkan tempat yang sering digunakan sebagai meditasi batin.

7. Mitos pasar setan

Pasar setan tidak hanya terdapat di Gunung Merapi, pasar mistis ini juga bisa anda temui di gunung lawu. Pasar setan atau biasa disebut pasar dieng ini menjadi salah satu bukti nyata mistisnya gunung lawu. Mitosnya, pasar setan ini tidak terlihat mata namun sering terdengar suara keramain seperti ramainya pasar. Jika saat melewati pasar setan ini dan para pendaki mendengar suara “arep tuku apa mas/mba?” (mau beli apa mas/mbak?), sebaiknya kalian segera membuang uang berapa pun di sekitar tempat kita mendengar suaranya. Kemudian petik daun di sekitar tempat itu seperti kita sedang berbelanja.

8. Goa Curam, sumur Jalatunda

Sumur yang merupakan gua vertical sedalam lima meter yang biasa di pakai untuk bertapa ini diyakini warga sebagai tempat yang disakralkan. Konon gua ini dipercaya sebagai tempat Prabu Brawijaya menerima wangsit dalam perjalanan menuju puncak Gunung Lawu.

9. Pemandangan indah Gunung Lawu baru akan ditemui setelah pos 4

Setelah melalui jalur bebatuan dengan medan yang terus menanjak, sesampainya di pos 4 para pendaki akan disuguhkan pemandangan bukit-bukit cantik serta dereta beberapa gunung yang berada di Jawa Timur. Dari pos 4, para pendaki biasanya melanjutkan perjalanan ke pos 5 untuk mendirikan tenda sebelum melakukan summit .
Pemandangan akan terlihat lebih indah ketika sudah sampai di pos 5, jajaran sabana yang begitu hijau dan rapih akan memanjakan para pendaki. Di pos 5 inilah para pendaki baru bisa melihat puncak gunung lawu yang berdiri kokoh dengan keindahannya.

10. Pantangan mendaki dengan jumlah ganjil dan menggunakan pakaian bernuansa hiijau

Jika para pendaki sudah berencana mendaki puncak Gunung Lawu, sebaiknya jangan datang dengan jumlah ganjil, konon jumlah ganjil ini akan membawa sial pada pendaki. Selain jumlah ganjil, usahakan para pendaki untuk tidak memakai pakaian dengan nuansa berwarna hijau, karena hijau merupakan busana ratu Pantai Selatan yakni Nyi Roro Kidul.

sejarah suku eskimo

Sejarah Suku Eskimo, Seni dan Kebudayaannya.

Suku bangsa yang mendiami daerah kutub bumi disebut dengan suku Eskimo atau Esquimaux. Mereka tersebar di sebagian daerah Siberia (Rusia), Alaska (Amerika Serikat), Kanada dan Greenland.
Jenis suku bangsa eskimo yang ada di kawasan-kawasan kutub yaitu :
  • Inuit tersebar di utara Alaska, Kanada, dan Greenland.
  • Yupik tersebar di barat Alaska dan Timur Jauh Rusia).
Suku timur Eskimo, Inuit, berbicara dalam bahasa Inuktitut, sedangkan komunitas Eskimo barat Alaska, Yup'ik, berbicara dalam bahasa Yup'ik. Terdapat suatu kesamaan dialek antara keduanya, dan dialek Inuktitut paling barat dapat dianggap merupakan bentuk dari dialek Yup'ik.

Kehidupan suku eskimo

Seorang laki laki disuku bangsa eskimo ini berperan sebagai pemburu makanan. Sedangkan istri berperan menjahit baju untuk keluarganya agar tidak kedinginan.
Masyarakat Eskimo tidak memiliki undang-undang, hanya aturan perilaku seperti :
  1. Semua anggota harus saling membantu dalam perjuangan untuk hidup;dan
  2. Setiap orang harus hidup damai dengan yang lain.

Pakaian eskimo
Pakaian eskimo

Pakaian yang digunakan suku Eskimo berfungsi untuk menghangatkan tubuh mereka dari cuaca yang sangat dingin. Pakaian mereka terbuat dari kulit binatang, seperti kulit karibu yang hangat dan ringan. Selain karibu mereka juga menggunakan pakaian dari anjing laut, beruang kutub dan rubah Arktik.
Gaya berpakaian dari daerah ke daerah sangat bervariasi, tetapi tetap menggunakan kombinasi yang sama, yaitu menggunakan jaket berkerudung, celana panjang atau legging, kaus kaki, sepatu bot, dan sarung tangan. Kadang-kadang kacamata yang terbuat dari kayu atau tulang.

Pada musim dingin mereka menggunakan dua set pakaian. Lapisan dalam bagian bulu dibagian dalam (bersentuhan langsung dengan kulit). Lapisan kedua bagian bulu dibagian luar. Udara antara dua lapisan membantu menjaga panas tubuh dan membiarkan keringat untuk menguap. Pada musim panas mereka hanya mengenakan satu lapis pakaian saja.

Rumah Es
Rumah Es Suku Eskimo
Rumah bangsa Eskimo terbuat dari Es dan disebut dengan Igloo. Bentuknya setengah bundar, pintu masuk berupa silinder. Rumah Igloo ini berfungsi sebagai pelindung dari udara dingin, hewan buas kutub (Seperti beruang). Walaupun terbuat dari Es, igloo ini memiliki konstruksi yang kuat, karena bahannya dibuat dengan Es yang tidak mudah melele. Uniknya mereka hanya membuat Igloo saat musim dingin akan datang karena saat musim panas Igloo akan meleleh. Suhu di dalam rumah Iglo cukup hangat dan nyaman ditinggali dan tidak terpengaruh suhu diluar yang bisa sampai -45 derajat celcius dan semua kegiatan dilakukan di dalam rumah tersebut.

Proses pembuatan Igloo sangat unik, yaitu dengan menggunakan balok balok es yang kuat dan kokoh, kemudian balok balok disusun seperti layaknya menyusun bata pada saat membuat dinding rumah, kemudian mereka akan menyalakan api unggun (yang selain untuk menghangatkan badan, juga untuk mencairkan sisi dalam iglo ini sendiri) sehingga es bagian dalam mencair dan es es tadi akan membeku kembali dan saling terpaut erat/menempel akibat terpaan angin dan akan menjadi kokoh dengan sendirinya. Belum lagi dengan adanya salju yang merupakan bahan pelapis yang baik, sehingga ruangan di dalam igloo bisa dijadikan tempat tinggal yang hangat dan nyaman.

Sistem kepercayaan


Di dalam masyarakat Eskimo terdapat seorang laki-laki atau perempuan yang diyakini memiliki kekuatan untuk berkomunikasi dengan roh-roh. Mereka disebut "angatkuq" oleh orang Eskimo dan "shaman" oleh orang kulit putih. Mereka mencoba membawa cuaca yang baik, menyembuhkan orang sakit, meningkatkan pasokan permainan, dan umumnya memperbaiki kondisi masyarakat.

Makam Es
Makam Es suku eskimo

Suku eskimo juga sangat mensakralkan kematian. Ini terlihat dari kepercayaan mereka bahwa manusia maupun hewan punya jiwa yg hidup di dunia lain setelah kematian. Oleh karena itu tubuh seorang Eskimo yang mengalami kematian harus dibungkus dalam kulit hewan & diletakkan di tundra (tanah beku sepanjang tahun tetapi mencair selama musim panas) dan dikelilingi oleh lingkaran batu serta peralatan lainnya akan ditempatkan disamping tubuh bagi jiwa untuk digunakan dlm dunia berikutnya.

Mata Pencaharian

Mata pencaharian suku eskimo adalah bercocok tanam, berburu, beternak dan memancing ikan. Mereka bercocok tanam seperti gandum tapi bukan di es melainkan ditanah, untuk diketahui bahwa kutub selatan daratannya berupa tanah yang diselimuti es yang beberapa akan mencair dimusim panas berbeda dengan kutub utara yang merupakan es yang mengapung. Selain itu mereka juga kebanyakan beternak domba dan memancing ikan. Ada juga yang berburu hewan besar seperti polar bear (beruang kutub) perburuan dilakukan dengan menggunakan bantuan anjing serta persenjataan secara berkelompok, eskimo pribumi jaman dahulu bahkan menggunakan baju besi yang disebut KORIAK untuk berburu.


Senin, 13 November 2017

Masa depan ialah masa masa dimana semua akan terkumpul setelah masa lalu yang kita lewati dengan berbagai masa masa. Masa depan yang baik itu impian bagi semua orang jangan lah kamu coret,coreng atau pun mengotori nya dengan ulah ulah yang merusak masa depan mu. Masa depan mu belum indah kalau kamu belum merasakan kerja keras untuk mengubah masa lalu mu yang mungkin sedikit suram menjadi masa depan yang diinginkan. Ayolah kita mengubah masa lalu kita dengan masa depan yang cerah. Bangkitlah dari ketepurukan dan bersenanglah dengan kebahagiaan.

Jumat, 10 November 2017

POSTINGAN PERTAMAKU


Hallo Haii semuanya!! Kenalin namaku Sofie Auliya,ini merupakan postingan pertamaku. Oh ya aku lahir di Ciamis,21 September 2002.Hobiku banyak dari mulai menggambar,membaca,sampai nonton bola,itu pun jarang jarang dikarnakan tugas sekolah yang sangat numpuk.Apakah ada yang suka bola juga?salam kenal buat yang suka bola.Apa tim kebanggaan kalian?.Kalo tim kebanggaanku adalah Persib Bandung.Idolaku Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan juga Febri Haryadi . Sebenarnya idolaku banyak tapi aku hanya menyebutkan beberapanya saja. 
Mungkin hanya sekian postingan pertamaku , mungkin di waktu luang aku akan memosting yang lainnya. 

Salam Kenal:)